Masjid Tertua di Kalbar yang Wajib Kunjungi - Harian Kalbar

Masjid Tertua di Kalbar yang Wajib Kunjungi

HarianKalbar – Masjid Agung Kesultanan Sambas atau atau yang dikenal dengan nama Masjid Agung Kraton Sultan Muhammad Syafiuddin II Kesultanan Sambas.

Masjid Agung Kraton Sambas merupakan bangunan masjid tertua di Kalimantan Barat dan salah satu warisan peninggalan kerajaaan dari kesultanan Sambas. masjid kraton didirikan oleh Sultan Muhammad Syafiuddin II.

Masjid yang sudah lebih dari satu abad ini dibangun dengan menggunakan kayu kayu ulin dan hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Baca  Bersenggama, Mandi Wajib Setelah Subuh. Bagaimana Hukumnya.!?

Masjid tua ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Kalimantan Barat.

Lokasinya sangat strategis yang berada diertigaan Sungai Sambas atau yang lebih dikenal dengan Muare Ulakan. Sehingga para wisatawan akan menikmati Oase pesona alam.

Masjid Kraton Sambas berdiri di komplek Istana Alwatzikhoebillah dikawasan Istana dan Masjid Agung Kraton Sambas ini, panorama alama sangat indah dan bersabat.

Baca  5 Situs Islami Patut di Kunjungi Rekomendasi Harian Kalbar

Masjid Agung Jami’ Sultan Syafiuddin II atau Masjid Kraton Sambas berdiri pada tahun 1303 Hijriah atau 10 Oktober 1885 Masehi di Istana Kesultanan Sambas. Pada masanya kesultanan ini merukan kerajaan islam yang terbesar dan pusat peradaban penyebaran agama Islam.

Pada awalnya  masjid  ini merupakan rumah sultan yang kemudian  dijadikan mushollah dan kembali dibangun menjadi Masjid oleh Sultan Umar Aqomuddin yang memerintah Kesutanan Sambas pada tahun 1702-1727 Masehi   dan kemudian masjid kecil tersbut direnovasi  menjadi lebih besar oleh putranya, Sultan Muhammad Syafiuddin II.

Baca  8 Golongan Berhak Menerima Zakat

 

RED HK

Tinggalkan Balasan