Kantor Dubes AS di Irak Diserang Roket - Harian Kalbar

Kantor Dubes AS di Irak Diserang Roket

HARIANKALBAR – Kantor Kedutaan Amerika Serikat (AS) di Irak diserang roket. Roket tersebut menghantam zona hijau Internasional AS. Menurut aparat setenpat setidaknya ada sekitar tiga roket Kayusha. Kejadian ini sekitar dini hari waktu setempat. Selasa (21/01/2020)

Dua roket Kayusha jatuh sangat dekat dengan kedutaan AS. Dikabarkan roket ini diluncurlan di dekat Baghdad yaitu wilayah Zafaraniyah.

Baca  Polemik UU Anti Muslim - 27 Korban Tewas Kerusuhan Antar Agama di India

Saat kejadian roket ini, jatuhnya roket sempat direkam oleh Nafiseh Kohnavard yang merupakan jurnalis BBC. Detik-detik saat sirene sistem keamana berbunyi. Nafiseh mengabadikan semua kejadi roket penghancur ini.

Amerika Serikat menyatakan pada sebelumnya bahwa kelompok yang didukung oleh Iran dan merupakan para meliter tidak lepas dari pengaruh iran.

AS menyatakan bahwa kelompok para militer telah didukung oleh Iran yang telah melakukan serangan serupa pada beberapa bulan yang lalu.

Baca  Kubu Raya Pertama di Indonesia Cairkan Dana Desa Non Tunai

Meski tuduhan AS kepada Iran sering diutarakan. Sampao saat ini tidak pernah ada klaim tanggung jawab.

Amerika Serikat (AS) dan Iran sedang memanas selama sebulan ini. Serangan rudal AS atau pesawat tampa awak ke Bandara International Baghdad yang menewaskan Jenderal Republik Islam Iran Qasem Soleimani menjadi penyebab panas hubungan dua Negara yang pernah bersabat.

Baca  Rusia Bakal Serang AS Jika Nekat Perangi China

Akibat ulah AS ini, Iran berjanji akan terus membalas dendam atas tewasnya Soleimani kepada AS. Pada tanggal 8 Januari lalu, Iran meluncurkan lebih dari setengah lusin roket rudal ke dua pangkalan militer AS di Irbil dan Ayn Al-Asad.

Penulis : Samudra
Editor : Ely Susanti

Tinggalkan Balasan