Caleg Gagal di Ketapang Curi Sarang Walet - Harian Kalbar

Caleg Gagal di Ketapang Curi Sarang Walet

HARIANKALBAR – KETAPANG Mantan Caleg Gagal Pimpin Komplotan Pencuri Sarang Walet. Tidak tanggung-tanggung, komplotan pencuri ini juga didapatkan mengkonsumsi barang haram narkoba sejensi Sabu.

Gagal menjadi anggota Legislatif pemilu 2019, di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Mantan caleg malah ditangkap polisi karena pimpin kelompok pencuri.

Akiun (38), bekas caleg ternyata memimpin komplotan pencuri sarang burung walet. komplotan ini berjumlanh empat orang dan berhasil diamankan. Empat rekan-rekannya, yakni Suhanadi (30), Jarkasi (41), dan Zulpaslian (40).

Baca  Persatuan Peladang Optimis Hakim Membebaskan 6 Peladang

Keterbatasan ekonomi menjadi penyebab Akuin melakukan pencurian setelah gagal Pemilu 2019. akuin ditangkap setelah melakulan penyelidikan oleh kepolisian setelah ada laporan dari warga.

Selain karena keterbatasan ekonomi, Akuin dan rekannya di duga karena ketergantungan narkoba.

Sebagaimana keterangan Kasat Reskrim AKP Eko Mardianto Kapolres Ketapang, Akiun bersama rekannya ditangkap setelah mencuri sarang walet yang diketahui milik warga di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, pada hari Rabu (22/1/2020) pukul 22.00 waktu setempat.

Baca  Ahmad Syifa Terpilih Ketua PAC GP Ansor Sekadau Hilir

kita melakukan penyelidikan dan langsung menindak lanjuti laporan warga. Ungkap Eko, jumat 24/2020.

Berikut kronologinya, laporan warga pada tanggal 24 kemaren. Penyelidik menemukan indikasi pencurian. Setelah cek lokasi.l, pintu masuk kesarang walet rusak dan sudah terbuka. Selain itu sarang walet yang jumlahnya mencapai lebih dari Rp 9 juta sudah habis dibawa pencuri.

Lanjut Eko, setelah digelar olah tempat kejadian perkara (TKP), aparat kepolisian mengejar terduga pelaku dan langsung melakukan penangkapan dan berhasil mengamankan pelaku.

Baca  Setelah Umumkan Mundur, Bupati ini Malah Batal Mundur

Keempat tersangka diamankan dengan berbagai macam barang bukti diantaranya, satu kantong sarang burung walet seberat 1 kilogram, dua unit sepeda motor yang digunakan oleh tersangka, serta satu besi pencongkel sarang burung walet.

Dalam penggeledahannya, terdapat barang terlarang narkoba jenis sabu sebanyak satu paket.

Keempatnya tersangka kini sedang ditahan dan tahap pemerikasaan. Tersangka terancam penjara lima tahun dengan ketentuan Pasal 363 KUHP.

 

 

penulis : Samudra

editor   : AHB Tamam

Tinggalkan Balasan