Cegah Virus Corona - Menkes Berkantor Sementara di Natuna - Harian Kalbar

Cegah Virus Corona – Menkes Berkantor Sementara di Natuna

HARIANKALBAR – Jakarta Viruas Corona menjadi virus yang mematikan. Setelah belasan ribu di China terinveksi virus Corona dan ratusan orang meninggal dunia. Sejumlah Negara melakukan siaga satu agar Virus Corona tidak menyabar, termasuk Indonesia.

Warga Indonesia yang ada China harus di Evakuasi dan dikarantinakan, agar virus tidak menyebar di Indonesia. Presiden Joko Widodo secara langsung mengintruksikan kepada kementerian Kesehatan untuk berkantor di daerah Natuna. Sebanyak 238 WNI yang baru dievakuasi China dikarantinakan di Natuna.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, “Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan langsung Terawan Agus Putranto Mentri Kesehatan agar berkantor sementara di Natuna, menyusul dievakuasinya 238 Warga Indonesia dari Provinsi Hubei Tiongkok.

Baca  KH Sholahuddin Wahid Meninggal Dunia

“Jaminan perlindungan kesehatan yang sangat ketat, dipantau secara langsung oleh Kementrian Kesehatan bersama juga tim yang diinstruksikan langsung Presiden agar berkantor di Pulau Natuna,” Keterangan tertulis Fajrol Falah pada Senin, 03/02/2020

Kemarin, sekitar 238 WNI yang di Evakuasi dari Hubai bersama 42 tim kesehatan atau tim penjemput sudah tiba di Tanah Air. Mereka harus menjalani transit observasi (tes kesehatan) di Natuna selama 14 hari, baru bisa pulang dan bertemu keluarga masing-masing setelah menjalani karantina.

WNI yang dikarantinakan di Natuna untuk memastikan tidak terjangkit virus Corona dan sehingga indonesia tidak mengalami penyakit corona seperti di China. Hal ini dilakukan ntuk melindungi seluruh warga penduduk Indonesia secara optimal.

Baca  Lima Dokter Meninggal Akibat COVID-19, Bukti Virus Corona Ganas
Virus Corona
Terdapat 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China terkait virus corona.
Foto : istimiwa

Selain itu keterangan dari Fadjroel, bahwa Presiden Jokowi juga menginstruksikan secara langsung kepada semua penerbangan dari Tiongkok ke Indonesia dan Indonesia ke Tiongkok untuk dihentikan sementara. Kebijakan ini mulai pd  haru Rabu, 5 Februari 2020 dari 00.00 WIB.

Begitupula kepasa pendatang yang tiba dari Tiongkok di Indonesia untuk dikarantinakan di Natuna selama 14 hari. Kondii visik warga WNI harud dicek terkait Virus Corona.

Selain kebijakan penghentian penerbangang, Pemerintah juga menghentikan fasilitas bebas visa. Bebas visa terkait kunjungan dan Visa on arrival ke Indonesia bagi warga negara Tiongkok diberhentikan untuk sementara.

Baca  Krisis Laut China Selatan, Sikap Tegas Pemerintah

“Presiden juga meminta warga Indonesia agar tidak melakukan perjalanan ke Tiongkok. Kebijakan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sehingga wabah virus Corona ini sudah dinyatakan selesai atau bisa diatasi tim kesehatan baik Kementrian Kesehatan dan WHO (Tim Kesehatan Dunia.” Terang Fajrul Falah.

Selain melakukan kebijakan untuk mencegah tersebarnya Virus Corona, Pemerintah Indonesia juga mendukung dan melakukan tindakan bersama Tim Kesehatan di seluruh dunia,  baik secara ilmiah dengan ilmuwan dunia.

Penulis : AHB Tamam
Editor   : Ely Susanti

Tinggalkan Balasan