Kubu Raya Pertama di Indonesia Cairkan Dana Desa Non Tunai - Harian Kalbar

Kubu Raya Pertama di Indonesia Cairkan Dana Desa Non Tunai

HARIANKALBAR – Jakarta Kabupaten Kubu Raya Pertama di Indonesia Cairkan Dana Desa Non Tunai dan menjadi pertama yang menerapkan kebijakan dana Desa secara Digital. Kebijakan ini mendapat apresiasi dari Kementrian Desa Tertinggal.

Kabapaten Kubu Raya mendaapt apresiasi dari kementrian Desa Tertinggal Abdul Halim Iskandar pada saat melakukan Telecoference bersama sejumlah pemangku kebijakan daerah di Kantor Kemendes PDTT. Senin (17/02/2020).

Abdul Halim Iskandar mengapresiasi kepada Bupati Muda Mahendrawan dengan melakukan simbol daerah, “Menanjak Terus Kubu Raya” ungkap Kemendes. Kabupaten Kubu Raya dinilai mampu membawa Daerahnya semakin meningkat dan berkembang.

Baca  Cuaca di Pontianak Sangat Panas Suhunya 35,7 Drajat Celcius

Apresiasi ini tidak lepas dari kebijakannya menjadi daerah pertama di Indonesia yang berani mencairkan Dana Desa secara non Tunai.

Menurut Mentri Desa Abdul Halim “pada saat ini, sudah ada 28 desa di Indonesia dari 117 desa yang mengelola kebijakan menggunakan non tunai”.

“Dari kebijakan non tunai ini, mungkin Kabupaten Kubu Raya menjadi yang pertama dari seluruh desa yang sudah menggunakan kebijakan non tunai” terangnya.

Baca  Rebutan Pacar, Dua Pria Berkelahi Darah di Pontianak

“Kubu Raya sudah sepantasnya menjadi contoh dalam penggunaan atau pengelolaan dana desa non tunai”.

“Bukan hanya contoh sebagai dana desa non tunai saja, kabupaten Kubu Raya juga menjadi percontohanan desa digital dalam pengelolaan dana desa non tunai” terang Mentri dari PKB ini.

“ini merupakan inovasi yang luar biasa dan menjadi daerah percontohan. kami apresiasi dengan Pemda Kabupaten Kubu Raya terkait pencegahan dini terhadap stunting di desa-desa dengan menggunakan alat USG portable. Informasinya baru satu desa yang sudah memiliki USG portable,” katanya.

Baca  Yuk.! Daftar Prakerja, Hari ini Masih Buka Gelombang 9

Kabupaten Kubu Raya dalam kegiatan yang diadakan oleh kementerian desa dalam kegiatan teleconference, bersama 6 kabupaten.

Yakni Kabupaten Kubu Raya (Kalimantan Barat), Belitung (Bangka belitung) dan Kabupaten Gianyar (Bali), Tojo Una-una (Sulawesi Tengah), Boyolali (Jawa Tengah), Situbondo (Jawa Timur).

HK/Red

Tinggalkan Balasan