8 Tewas 2 Lainnya Hilang - Tragedi Siswa SMP di Terjang Banjir Bandang - Harian Kalbar

8 Tewas 2 Lainnya Hilang – Tragedi Siswa SMP di Terjang Banjir Bandang

HARIANKALBAR – Sleman Setidaknya delapan siswa telah tewas dan dua lainnya hilang setelah banjir bandang yang melanda sebuah kelompok sekolah menengah yang mendaki di sepanjang sungai di pulau Jawa, Indonesia, kata seorang pejabat penyelamat.

Sekitar 250 siswa sedang melakukan perjalanan di tepi Sungai Sembor di desa Donokerto di Sleman, Yogyakarta pada hari Jumat ketika air pasang menarik beberapa siswa, menenggelamkan mereka.

Baca  Lukaku Akui Kehebatan Ibrahimovic

“Personel tim penyelamat telah menemukan delapan mayat dan masih mencari dua mayat lagi yang masih hilang,” kata kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan Yogyakarta (Basarnas) Lalu Wahyu Effendi pada hari Sabtu, seperti dikutip oleh Jakarta Post.

Kelompok itu tidak mengetahui tentang perubahan kondisi cuaca di hulu dan berkembangnya badai, menurut juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

“Siswa sedang melakukan kegiatan pramuka di sekitar sungai Sempor,” Agus Wibowo, juru bicara BNPB, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Baca  Lailatul Ijtima’ Wadah Silaturahmi dan Sinergitas Jama’ah Dan Jamiyyah

Seorang kepala militer setempat mengatakan kepada TVOne bahwa sebagian besar mayat ditemukan tidak jauh dari Sungai Sembor dari lokasi banjir. Dia mengatakan hujan deras membanjiri tepian sungai, menyebabkan banjir.

Dia mengatakan 239 siswa diselamatkan, termasuk 10 yang dirawat karena cedera.

Wibowo mengatakan tidak turun hujan ketika para siswa turun ke sungai tetapi ketika mereka berjalan di sekitarnya “ombak besar datang ke hulu”.

Baca  400 Penambang Emas Cagar Alam Mandor di Tangkap

Dia menambahkan bahwa pasukan gabungan yang terdiri dari polisi, agen SAR dan militer telah dikirim untuk membantu pencarian dan penyelamatan.

Hujan sering menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di Indonesia, tempat jutaan orang tinggal di daerah pegunungan atau di dekat dataran banjir.

 

Tinggalkan Balasan