Benarkah Virus Corona Meyebar di Pontianak - Harian Kalbar

Benarkah Virus Corona Meyebar di Pontianak

HARIANKALBAR.COM, Pontianak – Kabar Virus Corona menyebar disejumlah Daerah di Indonesia termasuk salah satunya di Pontianak Kalimantan Barat positif Virus Corona (COVID-19).

Info terbaru COVID-19 di Indonesia, Tercatat 96 positif terjangkit virus Corona, 5 orang meninggal dan 8 orang sembuh.

Hingga saat ini, pemerintah daerah redaksi belum mendapatkan informasi resmi terkait melebarnya COVID-19 positifnya di Pontianak. Sabtu (14/03/2020) malam.

Akan tetapi pemery pusat melalui juru bicaranya telah mengkonfirmasi melalui siaran pers. Bahwa Virus Corona menyabar kesejumlah daearah di Indonesia, termasuk Bali, Jakarta, Manado dan Pontianak Kalimantan Barat.

Baca  Presiden Jokowi; Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

Sebagaimana yang diterangkan oleh Jubir pemerintah Ahmad Yurianto. Juru bicara untuk penanganan virus corona “COVID-19 kini sudah melebar.”

Ia mengatakan pemerintah saat ini terus melakukan tracing untuk mendeteksi sebaran virus tersebut kepada masyarakat yang sudah terjangkit.

“Sebarannya sekarang sudah melebar. Jakarta, di DKI, Jabar, berarti di sekitar DKI. Kemudian Tangerang, Jateng sudah kita dapatkan kasusnya di Solo dan Yogyakarta. Di Bali, Manado, dan Pontianak,” kata Yuri, saat konferensi pers percepatan pencegahan virus COVID-19 di Gedung BNPB, Sabtu (14/3).

Baca  Peringatan Maulid Nabi Muhammad Momentum Tingkatkan Bersilaturahmi

Menurutnya daerah-daerah lain di Indonesia saat ini juga sedang dilakukan tracing. Hal ini akan dilakukan terus dan ditingkatkan ke berbagai daerah.

“Ini yang membuat kita meningkatkan upaya untuk tracing lebih keras lagi,” kata Yuri menegaskan.

Yuri menjelaskan selama ini metode tracing yang dilakukan adalah dengan bertanya kepada pasien yang sudah positif terinfeksi. Ia menjelaskan setiap kasus positif yang dirawat akan ditanyakan dengan dua pertanyaan yakni siapa yang menulari dan sudah bertemu siapa saja.

Baca  Dalam Rangka Hari Pers Nasional (IWO) Sekadau Berbagi Kasih Dengan Keluarga Lumpuh Layu

“Bisa saja tidak menunjuk pasti siapa yang menulari, tapi pasti dia menunjuk ke mana dia pernah ke negara yang endemi. Berikutnya kita kejar dia ketemu siapa saja. Kelompok ini kita kejar sehingga bisa dilihat,” jelas Yuri.

Pemerintah saat ini juga akan menambah tempat pengetesan COVID-19 di daerah-daerah. Selain itu, lembaga non pemerintah juga akan dilibatkan seperti perguruan tinggi atau lembaga riset yang terkait dengan penyakit ini.

 

Sumber : istimewa & ayobandung.com

Tinggalkan Balasan