Ditengah Wabah Corona, Malaysia Deportasi TKI ke Kalbar - Harian Kalbar

Ditengah Wabah Corona, Malaysia Deportasi TKI ke Kalbar

Pontianak, Harian Kalbar || Malaysia mendeportasi 144 Pekerja Migran ditengah maraknya Virus Corona (COVID-19). Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut dideportasi dari Serawak Malaysia, melalui Entikong, yang menjadi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sabtu (21/03/2020).

Para Migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut dijadwalkan akan segera tiba. Untuk menjaga agar tidak tersebarnya Virus Corona di Kalbar. Para TKI tersebut akan menjalani pemeriksaan atau karantina sebagaimana yang telah ditentukan oleh kebijakan Gubernur Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kalimantan Barat (Kalbar), Yuline Marhaeni pada saat di Balai Gubernur Kalbar mengatakan “sebelum tiba kedearahnya masing-masing, mereka akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu,” Jumat (20/03/2020).

Baca  Ketua GP Ansor : Bubarkan Stafsus Milenial, Kurang Berfaedah

Pemeriksaan kesehatan para TKI dari Malaysia akan dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan dan Pelabuhan dan Dinkes Kalimantan Barat.

“Apabila para pekerja migran ada yang sedah sakit, maka akan di karantina terlebih dahulu di PLBN Entikong. Sedangkan yang sehat, akan dibawa ke Shater Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kalbar,” Ungkap Yuline

Kebijakan Malaysia yang memulangkan para migran atau TKI tersebut masih belum diketahui secara menyeluruh terkait pelanggaran apa. Sehingga Malaysia melakukan kebijakan deportasi. Pada saat ini, Dinas Sosial dan Tenanagakerja masih belum mendata.

Baca  Terungkap, Ini Alasannya Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih

Keteranga Yuline juga “Untuk pemulangan para migran, masih dalam proses kordinasi dengan Pelni. Sehigga pihaknya masih belum tau apakah melalui jalur darat atau jalur laut.”

Sebelumnya pemerintah daerah Kalimantan Barat (Kalbar) menutup akses masuk antar negara yang ada di Kalimantan Barat, guna menegah tersebarnya Virus Corona.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji telah memerintahkan agar menutup akses masuk dan kualitas di batas negara. Hal tersebut tidak lepas dari semakin melebarnya Virus Corona (COVID-19). Malaysia khususnya Serawak terlebih dahulu positif Virus Corona.

Baca  Mendes: BLT Dana Desa Tidak Boleh Bentuk Sembako Harus Tunai 600 Ribu

Kebijakan Sutarmidji, melarang warga Kalbar pada khususnya agar tidak melakukan perjalanan antar Negara, khususnya Keserawak Malaysia.

Virus Corona di Kalimantan Barat pada saat ini, dua pasien dinyatakan positif dan info terakhir yang didapat oleh redaksi, pasien positif Virus Corona (COVID-19) dikalbar, dalam keadaan membaik.

 

(Red/HK)

Tinggalkan Balasan