Mengenal Hantavirus Genus Virus dari Tikus - Harian Kalbar

Mengenal Hantavirus Genus Virus dari Tikus

Shandong, Harian Kalbar || Belum selesai Virus Corona (Covid-19), di China kembali muncul virus baru yang mematikan. Virus tersebut membuat resah publik disaat gencarnya pandemi Virus Corona (COVID-19) yang telah menular setidaknya ada 190 Negara.

Penyakit sejenis virus terbaru ini, dihawatirkan dapat menular seperti wabah Covid-19. Virus ini disebabkan oleh tikus yang dapat menular kepada inang manusia.

Baca  Dunia Diam saat Israel ubah Masjid menjadi Bar & Ruang Pesta

Sejumlah media lokal dan media lainnya disibukkan dengan kejadian di China. Seorang pekerja meninggal dunia. Pria tersebut meninggal mendadak didalam bus pada saat melakukan perjalanan ke Provinsi Shandong China.

Setelah dilakukan uji laboratorium. Pria tersebut meninggal karena terinfeksi Hantavirus. Saat ini, semua penumpang dan yang kontak langsung dengan terkait sedang dilakukan tes untuk mencegah tersebarnya Virus tersebut.

Baca  Krisis Laut China Selatan, Sikap Tegas Pemerintah

Mengenal hantavirus.

Hantavirus merupakan sejenis virus yang diakibatkan oleh penyakit menular dari sejenis hewan seperti tikus. Genus virus ini dari familia Bunyaviridae yang dapat menyebabkan penyakit sindrom paru hanta (hantavirus pulmonary syndrome).

Virus ini memiliki bentuk sferis dengan ukuran diameter 100nm. Virus banyak ditemukan pada hewan-hewan seperti Tikus. Sebagian besar hantavirus dapat ditransmisikan melalui inhalasi kotoran hewan sehingga dapat terinfeksi

Baca  Kapal Bahari Terbakar Menuju Pontianak, Begini Penjelasan Agen

Manusia sebagai inang, dapat terinfeksi oleh Virus ini apabila melakukan kontak langsung dengan hewan pengerat dan kotoran tersebut.

Tinggalkan Balasan