Kim Jong Un Meninggal, Akankah Skenario Terburuk Terjadi - Harian Kalbar

Kim Jong Un Meninggal, Akankah Skenario Terburuk Terjadi

Mancanegara, Harian Kalbar | Terkait berita meninggalnya pemimpin Korea Utara, sejumlah negara terus mecari fakta terkait berita yang melaporkan bahwa Kim Jong-un mungkin telah meninggal, atau berada dalam ‘kritis’.

Kim Jong Un diberitakan meninggal yang disebabkan oleh kesalahan prosedur medis. Tim medis gagal saat melakukan operasi jantung.

Selain itu, spekulasi meninggalnya Kim Jong Un, yakni dia tidak menghadiri hari matahari yang merupakan hari kelahiran mendiang pendahulunya.

Jika benar Kim Jong Un meninggal, maka yang menjadi fokus utama adalah pada saudara perempuan Kim, yakni Kim Yo-jong.

Kim Yo-Jong dianggap sebagai pewaris yang logis, apalagi selama ini dia menjadi tim penasehat Kim. Tentu yang diharapkan adalah transisi kekuasaan yang mulus.

Baca  Gerhana Matahari Secara Ilmu Astronomi Islam (Ilmu Falak)

Sebab, pewaris kekuasaan pada saat ini tidak mudah bagi Korea Utara. mengingat Negara yang berhaluan komunis tersebut sepanjang kepemimpinannya belum pernah dipimpin oleh sosok perempuan. Terlebih, penerus Kim Jong Un atau anak-anaknya masih kecil.

Saudara perempuan Kim Jong Un dinilai merupakan sosok terkuat di Korea Utara setelah kakaknya. Dan pengaruhnya sangat besar. Karena itu, tantangan yang dihadapi oleh Korea Utara adalah menjadikan Kim Yo-Jong sebagai pewaris yang logis.

Baca  Kantor Dubes AS di Irak Diserang Roket

Namun hasil ini tidak terjamin. Karena banyak yang akan bergantung pada bagaimana berbagai faksi di sekitar Kim Jong-un yang ingin kenaikan pangkatnya. Kelompok pasukan yang mencari kesempatan untuk menggulingkan garis suksesi Kim. Dengan melihat kematian Kim Jong Un, momentum ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertindak.

Dalam hal ini, skenario terburuk kemungkinan perebutan kekuasaan jika benar-benar Kim Jong Un meninggal atau menerima secara logi Kim Yo-Jong sebagai pengganti Kim Jong Un.

Kemungkinan-kemungkinan itu bisa terjadi, terutama kerusuhan internal dan bahkan perang saudara – di dalam Korea Utara.

Baca  Dunia Diam saat Israel ubah Masjid menjadi Bar & Ruang Pesta

Selain konflik internal atau transisi kekuasaan yang sulit atau tidak diterima secara logis, Yakni hubungan antar Negara yang mulai melakukan tindakan imperialisme.

Skenario Konflik Antar Negara (Imperialisme)

China dan Amerika Serikat akan bersitegang dalam urusan Negara tersebut. Disamping Korea Utara merupakan negara sekutu bagi Tiongkok atau China, hubungan dua Negara ini merupakan dua negara bersahabat yang terikat secara Idiologis.

Amerika Serikat akan terus berupaya untuk melakukan penekanan terhadap Korea Utara dengan cara pelanggaran HAM dan Penggunaan daya nuklir. Apalagi hal ini selama ini kedua negara tersebut selalu bersitegang

Tinggalkan Balasan