59 Unit Rumah Rusak, 973 KK Terdampak Banjir Sintang - Harian Kalbar

59 Unit Rumah Rusak, 973 KK Terdampak Banjir Sintang

Harian Kalbar, Sintang | Bencana banjir melanda Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, setidaknya ada sekitar 973-1500 KK diperkirakan terdampak banjir.

Banjir terjadi di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Diperkirakan ada 21 Desa yang terendam banjir semenjak kemaren, Senin (13/07/2020).

Sebagaimana informasi yang di dapat dari Kasubag Humas Kapolres Sintang Iptu Hariyanto “jumlah desa yang terendam banjir mencapai 21 desa di Kec Kayan Hilir, diperkirakan ada 973-1500 KK total rumah warga di 21 Desa yang terendam,”

Baca  Data Sementara, Jumlah Kios Terbakar di Sintang

Akibat dari banjir ini, sejumlah akses darat lumpuh dan belum dapat diperkirakan jumlah fasilitas yang rusak akibat banjir.

Menurut Iptu, ketinggian air diperkirakan mencapai 2-3 meter. Tetapi pada jam 17.00 WIB, ketinggian air mengalami penurunan sebanyak 20 centimeter.

Akibat banjir ini, masih banyak rumah warga yang terendam banjir. Menurut Iptu, dari 19 Desa yang terendam banjir, terdapat setidaknya 59 unit rumah rusak akibat di terjang banjir.

Baca  Performa Menurun - Kepa Mau Dijual Chelsea

Banjir di Kecamatan Hulu mengakibatkan jalan poros dari Sintang menuju Kayan Hilir lumpuh total. Akibat dari banjir ini tidak ada kendaraan yang dapat melintasi.

Titik banjir yang parah terjadi di sepanjang ruas jalan dusun Mabang, Desa Mekar Mandiri. Di lokasi ini tinggi permukaan air melebihi batas pinggang orang dewasa.

Untuk menangani bencana banjir banjir ini, posko banjir didirikan oleh Korek 131/Abw di Desa Jaya Bakti untuk menyediakan bantuan berupa logistik dari para relawan maupun logistik obat-obatan dari Dinkes.

Tinggalkan Balasan