Kemenag Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 31 Juli 2020 - Harian Kalbar

Kemenag Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 31 Juli 2020

Harian Kalbar Jakarta | Pemerintah melalui kementerian agama Republik Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H jatuh pada hari Jum’at (31/07/2020) mendatang.

Ketentuan ini disampaikan langsung oleh Mnteri Agama Fachrul Razi setelah memimpin rapat sidang isbat terkait penetapan awal bulan Zulhijjah 1441 Hijriah/2020 Masehi di Kementerian Agama, Jakarta (21/07/2020) Selasa.

Baca  Cak Gugus: Ta'ashub Nahdlatul Ulama dan NKRI Berarti Memperkokoh Keduanya

“Dinyatakan Idul Adha tanggal 10 Zulhijjah 1441 Hijriyah jatuh pada hari Jum’at tanggal 31 Juli 2020,” ungkapnya saat melakukan siaran langsung di Kemenag RI, Selasa malam.

Menurut keterangan Fachrul Razi bahwa penetapan 10 Dzulhijjah dalam sidang isbat menggunakan dengan dua metode.

Dua metode ini yang terpisahkan dalam penentuannya yakni dengan metode Hisap (perhitungan secara Astronomi) dan metode Rukyah (dengan cara melihat langsung posisi keberadaan hilal).

Baca  Via Valen Gadis Putih Berlangsat Punggor Kelahiran Sidoarjo

Menurut penjelasan Fachrul Razi, dua metode tersebut tidak saling bertentangan dan justru saling melengkapi satu sama lain yang sama-sama penting.

Misalnya jika dilihat dari sudut hasil Hisap, dalam metode ini dilaporkan bahwa posisi hilal di seluruh Indonesia sudah berada diatas ufuk.

Dengan dasar ketentuan ini, penetapan 10 Dzulhijjah atau Hari Raya idul Adha ditetapkan oleh pemerintah, sehingga hal ini menjadi acuan bersama dalam pelaksanaan hari raya kurban.

Tinggalkan Balasan