Duh.. 16 Pekerja Bangunan Transmart Kubu Raya Positif COVID-19 - Harian Kalbar

Duh.. 16 Pekerja Bangunan Transmart Kubu Raya Positif COVID-19

Harian Kalbar | Kalbar kembali tambah kasus baru yang terkonfirmasi Virus Corona. Tidak tanggung-tanggung, 16 orang positif yang merupakan pekerja bangunan atau proyek Transmart.

Wilayah kasus baru ini ada di Kabupaten Kubu Raya, daerah ini sumbang pasien yang di nyatakan positif COVID-19, sebelumnya 6 orang terjangkit Virus Corona setelah Kalbar tercatat dengan no kasus, merupakan dari klaster yang bekerja di Kabupaten Kubu Raya dan tinggal di Pontianak.

Adapun 16 Kasus baru yang terkonfirmasi COVID-19 disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. Selasa (28/07). Semuanya merupakan pekerjaan proyek atau pekerja bangunan yang terjangkit virus Corona.

Baca  Dihadiri H Yuslanik, PD Satria Gerindra Kubu Raya Resmi di Lantik

“Semuanya merupakan pekerja bangunan di komplek mal Transmart, jln Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya. Tidak boleh ada pekerjaan disitu, harus di sterilkan,” ungkap Sutarmidji sebagaimana yang diliput dari Pontianak Post.

“Nah kami telusuri mereka datang pakai kapal dari Jawa Tengah. Saya minta supaya tidak boleh ada penumpang lewat kapal sampai 14 hari kedepan,” ungkap Bang Midji,

Selain menghentikan penggunaan kapal laut selama 14 hari kedepan, Gubernur Kalbar juga menutup semua pekerjaan di Lokasi Transmart.

“Tutup, tidak boleh ada pekerjaan disitu dan harus di sterilkan,” tegasnya.

Baca  Tekuk Chelsea, Liverpool Pesta Juara Trofi Liga Inggris

Menurut Bang Midji, jumlah pasien yang positif 16 orang tersebut jumlahnya tidak sedikit. Jika ada satu orangnya saja yang terpapar, pekerjaan sudah harus dihentikan.

Sutarmidji meminta untuk pelakasana proyek agar bertanggung jawab. Dan pihaknya akan meneliti kasus ini, terutama surat izin pekerja yang merupakan dari luar Kalimantan Barat.

“Dan saya minta pertanggungjawaban dari pelaksana, kami akan teliti kalau ada pemalsuan (surat izin) saya akan suruh polisi (usut kasus ini),” kata Sutarmidji.

Ini bukan pekerjaan mudah, seharusnya pihak pelaksana pembangunan proyek Transmart berhati-hati dan melakukan tahapan-tahapan untuk pencegahan COVID-19. Pekerja yang harusnya di pastikan dahulu, terutama hasil tes swab Rt-PCRnya

Baca  SERBUMUSI Keluar dari Pembahasan RUU Omnibus Law

“Karena kita capek jaga disni, tahu-tahu pekerja yang masuk malah positif, itulah tidak benar,” sesal bang Midji.

Gubernur Kalbar meyakini bahwa pekerja yang di datangkan tersebut sudah positif Virus Corona. Karena mereka berangkat menggunakan kapal laut bukan pesawat.

“Saya yakin itu tidak benar. Waktu datang sudah positif, tapi lewat kapal, tidak berani lewat pesawat.” Ungkapnya.

Adapun enam belas pekerja yang positif Virus Corona merupakan warga Jawa Tengah. Diperkirakan, datang ke Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat pada bulan Juni 2020.

Tinggalkan Balasan