Harian Kalbar

Berita Harian Kalbar Terbaru dan Terpercaya di Kalimantan Barat

Beranda Banjir Ketapang: 6 Desa Terendam Banjir, 16.811 Jiwa Terdampak

Banjir Ketapang: 6 Desa Terendam Banjir, 16.811 Jiwa Terdampak

49 min read

HARIAN KALBAR – banjir dengan ketinggian 1,2 meter melanda Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar), sebanyak 16.811 jiwa dari 4.679 KK dari warga kecamatan hulu terdampak banjir.

Tingginya intensitas hujan di wilayah menjadi menjadi penyebab terjadinya banjir belum lagi saluran air yang tersumbat dan beralihnya pepohonan menjadi ladang sawit. Menurut informasi di lapangan, terdapat enam desa yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,2 meter.

Sebagai keterangan BPNB pada hari senin (14/2), tingginya intensitas hujan menyebabkan banjir yang di mulai pada hari sabtu (12/2) sekitar jam 01.00 WIB. terdapat enam desa yang terdampak banjir yakni Desa Batuh Bosi, Desa Sumandang Hulu, Desa Sumandang Kiri, Desa Kualan Tengah, Desa Kualan Hili, dan Desa Pinang.

BACA  Ibu Muda di Kapuas Hulu jadi Korban Pemerkosaan, Pelaku Paksa Layani Korban walupun ada Anaknya

BPBD Kabupaten Ketapang dalam keterangan tertulis mendata sebanya 2.228 unit rumah yang terdampak banjir, 1 unit fasilitas pendidikan dan 12 unit lainnya fasilitas umum.

Walaupun banjir merendam rumah dengan ketinggian 1,2 meter, warga tetap berada di lokasi banjir dan tidak aktivitas mengungsi. Pihak dari BPBD terus melakukan kordinasi dengan perangkat desa setempat dan TNI-Polri untuk mengkaji keadaan di lapangan dan mendata sejumlah tempat yang terdampak oleh banjir.

Kondisi terkini menurut BPBD, banjir sudah berangsur surut tetapi pihaknya tetap melakukan monitoring serta mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap adanya potensi banjir susulan.

Menurut informasi BMKG terkait peringatan dini cuca di wilayah Kalimantan Barat hingga kamis (17/2) berpotensi terjadinya hujan sedang dan lebat yang disertai angin kencang, puncak musim hujan akan berlangsung pada bulan Februari 2022.

BACA  Kalahkan Leicester, Arsenal geser MU diposisi ke-4 Zona Champions

BANJIR KALBAR.

Selain Kabupaten Ketapang, banjir juga melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat, yakni :

Kabupaten Sintang: banjir merendam dua kecamatan sekaligus. banjir di Sintang seperti Bajir bandang yang tiba-tiba datang dan cepat surut. banjir sempat merendam rumah warga dengan kedalamat hingga satu meter.

Kabupaten Landak  Selain itu, banjir juga melanda Kabupaten Landak, sejumlah dusun terendam banjir dan akses jalan terputus. setidaknya ada 96 keluarga di Dusun Martalaya, Kecamatan Ngabang terdampak oleh banjir.

Kota Singkawang : Banjir juga melanda Kota Singkawang, di laporkan banjir semakin meluas dan ketinggian banjir mencapai pinggang manusia akibatnya ratusan warga di evakuasi.