Harian Kalbar

Berita Harian Kalbar Terbaru dan Terpercaya di Kalimantan Barat

Beranda KH Abbas Muin, Ketua PBNU 1999-2015 Wafat

KH Abbas Muin, Ketua PBNU 1999-2015 Wafat

35 min read

HARIAN KALBAR – kabar duka kembali datang dari Keluarga Besar Nahdiyin. KH Abbas Muin ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 1999-2015, wafat.

KH Abbas Muin wafat di Rumah Sakit Giatri, Purwokerto, Jawa Tengah pada hari Jumat sekitar pukul 19.20 WIB.

Kabar wafatnya KH Abbas Muin juga disampaikan oleh Ulil Absar Abdalah. Menurut Gus Ulil “KH Abbas Muin merupakan sosok penting dalam sejarah anak-anak NU di tahun 1990-an. Kia Abbas merupakan teman dekat Gus Dur sampai kuliah di Bahgdad.”

“Muin sudah dua puluh tahun terahir beliau pulang kekampung halamanya dan mengembangkan sejumlah aktifitas rumah desa.” kesaksian Gus Ulil.

“KH Abbas Muin juga menorehkan sejarah dalam kegiaatan mengaji Ihya, yang saya lakukan saat ini. beliaulah yang menuai Kobdar Ihya yang pertama kali pada tahun 2017 di Purwokerto,” unkap Ketua Laspesdan NU 2022-2027

Tentang kiprah KH Abbas Muiin juga disampaikan oleh Puang Helmi Ali Yafie, beliau adalah aktivis NGO generasi pertama di PBNU.

Dalam perkembangannya, anak-anak Muda NU tersebut memberikan warna Gerakan Kultural NU. Bahkan memberikan sumbanghsih dalam program-program pemberdayaan bagi warga NU.

Profil KH Abbas Muin

KH Abbas Muin merupakan salah satu kiai yang aktif dijajaran pengurus PBNU selama tiga periode kepemimpinan yakni masa KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Masa kepemimpinan KH Hasyim As’ari dan KH Said Aqil Sirojd.

Sebelumnya, KH Abbas Muin pada tahun 1994-1996 menjabat sebagai ketua Lakpesdam PBNU. Selain aktif kepengurusan NU, Abbas Muin juga menjadi salah satu penguru Bina Desa yang didirikan pada tahun 1975 di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.