Harian Kalbar

Berita Harian Kalbar Terbaru dan Terpercaya di Kalimantan Barat

Beranda Komnas HAM turun tangan selidiki Bentrokan Warga dan Brimob di Ketapang

Komnas HAM turun tangan selidiki Bentrokan Warga dan Brimob di Ketapang

32 min read

HARIAN KALBAR – Komnas HAM melakukan penyelidikan terkait bentrokan warga dengan Brimob di Ketapang Kalimantan Barat

“Komnas HAM Perwakilan Kalimantan Barat saat ini masih mendalami kasus bentrokan antara warga dengan Brimob Kalbar,” ungkap Nelly Yusnita, kepala sekretaris Komnas HAM perwakilan Kalbar, Selasa (30/05/2022).

bentrokan antara warga dengan anggota Brimob Polda Kalbar terjadi pada 28 Mei 2022, di Desa Segar Wangi, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang.

Bermula dari kasus warga yang di laporkan memanen sawit di lahan yang menjadi sangketa antara perusahaan dan warga.

BACA  Pelaku Begal Rp 60 Juta Berhasil Ditangkap

Kemudian Brimob turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Namun warga tetap bersikeras dengan dalih lahan merupakan haknya.

Saat itulah, bentrokan kedua belah pihak tidak bisa dihindarkan.T iga warga dilaporkan tertembak oleh peluru yang diduga dari anggota Brimob.

Menurut Komnas HAM, Bentrokan Warga dengan Brimob terjadi karena faktor sengketa lahan sawit milik warga dengan PT Arthu Plantations yang sampai saat ini masih belum selesai.

BACA  Saat Buang Air Kecil, Pria ini Diterkam Buaya

“atas peristiwa tersebut, pihaknya (Komnas HAM) akan turun kelapangan agar perumahan ini cepat selesai,” ujarnya.

Menanggapi peristiwa ini, Polda Kalimantan Barat melalui Kepala Bidang Humas Kombes Pol Jansen A Panjaitan mengatakan “warga yang terkena tembakan peluru hanya mengalami luka ruam di kulit.”

“Hingga saat ini kondisi sudah mulai aman terkendali dan warga yang mengalami luka tembak sudah membaik,” ungkap Pol Jansen.