Harian Kalbar

Berita Harian Kalbar Terbaru dan Terpercaya di Kalimantan Barat

Beranda Profil Asnawi Mangkualam Kapten Timnas Indonesia Asal Makassar

Profil Asnawi Mangkualam Kapten Timnas Indonesia Asal Makassar

58 min read

HARIAN KALBAR – Biodata lengkap Asnawi Mangkualam yang tengah menjadi perbincangan hangat sejagat pencinta sepakbola Indonesia. Pasalnya, perannya bersama Timnas tidak tergantikan dan memberikan dampak yang lebih agresif untuk menyerang.

Sebagai bek sayap kanan, permasalahan cantik dan kecepatan dalam menggiring bola membuat pertahanan lawan ketat ketir.

Asmawi Mangkualam beberapa pekan ini membuat heboh publik, saat menghadapi Timnas Singapura di detik-detik terakhir saat Indonesia diambang kekalahan apabila pinalti pemain timnas mampu di lesakkan ke gawang Nadeo. Beruntung tendangan pinalti tersebut gagal dan tiba-tiba Asnawi menghampiri pemain Singapura tersebut seakan mengejeknya.

Aksi tersebut mendapat protes keras dari publik Singapura dan juga pelatih timnas Indonesia tetapi tidak bagi pendukung Timnas Indonesia, aksi tersebut seakan dahaga yang mampu membangkitkan semangat Garuda.

Setelah di konfirmasi, yang di ucapkan oleh Asnawi Mangkualam “Thanks You Thanks You” Lantaran gagal menjebol gawang Nadeo Argawinata.

BACA  Pelaku Begal Rp 60 Juta Berhasil Ditangkap

Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan Indonesia atas Singapura, skor 4-2 yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura (25/12/2021).

Berikut Profil Asnawi Mangkualam. Salah satu pilar andalan Coach Shin Tae Young di Piala AFF 2020.

Pemain berpunggung 14 tersebut merupakan putra daerah dari Makassar. Lahir dengan nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar, pada tanggal 4 Oktober 1999 dari pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Razak. Asnawi juga memiliki saudara yang bernama Nur Ikrar Bahar dan Fiqih Syali.

Ayah Asnawi Mangkualam merupakan legenda sepakbola PSM Makassar yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih. Sebagai sepakbola profesional, Asnawi mengikuti seleksi pemain Timnas U-16 yang di seleksi oleh ayahnya. Namun ia gagal untuk masuk timnas U-16.

Bagi ayahnya, Asnawi tidak diharapkan untuk main di sepakbola, harapannya agar Asnawi tidak mengikuti jejaknya di sepak bola. Walaupun demikian, Asnawi Mangkualam Bahar dengan caranya sendiri terus melakukan upaya untuk membuktikan dirinya sebagai pemain sepak bola yang handal.

BACA  Komedian Narji Resmi Gabung PKS, Langsung Sentil Jendral Dudung Abdurrahman

Saat gagal gabung dengan Timnas, Asnawi bergabung dengan PSM Makassar untuk mengikuti ajang ISC A 2016. Tekatnya untuk terus membuktikan kemampuannya kepada ayahnya, Asnawi bertualang di dunia sepak bola, terakhir bergabung dengan Persiba Balikpapan.

Pada Tahun 2017, Asnawi Mangkualam Bahar pun direkrut PSM Makassar dan kemudian membuat dirinya sukses melaju ke laga internasional di usianya yang masih 17 tahun.

Permainan Asnawi Mangkualam mulai dilirik oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Young. Saat itulah dirinya terus dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia. Faktor kemampuan itu, Shin Tae Young merekomendasikan kepada Asnawi Mangkualam untuk bermain di Korea Selatan.

Saat kontraknya habis bersama PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar bergabung bersama Ansan Greeners, klub kasta kedua di liga Korea Selatan.